OPTIMALISASI
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada penulis, sehingga penulis dapat
menyelesaikan karangan ilmiah yang berjudul Optimalisasi Komputer dalam Bidang
Pendidikan.
Penulis
menyadari bahwa karangan ilmiah ini dapat diselesaikan karena bantuan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu terselesaikannya karangan ilmiah ini.
Semoga Allah SWT senantiasa membalas kebaikan dan memberikan
pahala atas jasa kebaikannya. Dengan rendah hati penulis tetap menerima kritik
dan saran dari pembaca. Penulis berharap semoga karangan ilmiah ini dapat
bermanfaat bagi upaya pengembangan ilmu.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
.................................................................................................
KATA
PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI ............................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
.............................................................................................
B.
Rumusan
Masalah .......................................................................................
C.
Tujuan
..........................................................................................................
D.
Manfaat
.......................................................................................................
BAB II LANDASAN TEORI
A.
Pengertian
komputer..................................................................................
B.
Jenis
komputer............................................................................................
C.
Manfaat
komputer......................................................................................
D.
Dampak
negatif
komputer..........................................................................
BAB III PEMBAHASAN
A.
Pengaruh
buruk komputer terhadap pendidikan........................................
B.
Cara
memanfaatkan komputer secara
efektif............................................
C.
Kelebihan dan
kekurangan komputer.........................................................
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan
................................................................................................
B.
Saran
..........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peranan teknologi informasi dalam
kehidupan semakin dominan. Manusia semakin mengalami ketergantungan akan
teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selain
memberikan kemudahan,efisiensi,kecepatan,ketepatan juga merubah gaya hidup
manusia. Penggunaan tenologi informasi dan komunikasi diharapkan dapat
meningkatkan kinerja dan kemungkinan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan
dengan cepat,tepat dan akurat , sehingga akan meningkatkan produktifitas.
Salah satu perangkat teknologi
informasi adalah komputer. Komputer sering digunakan oleh orang-orang,
mahasiswa dan anak-anak sekolah. Komputer mempunyai fasilitas yang lengkap,
karena fasilitasnya lengkap komputer juga sering untuk permainan. Kebiasaan
penggunaan komputer dalam
bidang pendidikan yaitu sebagai alat penyinpanan data-data penting. Oleh karena
itu komputer banyak di gunakan oleh mahasiswa dan anak-anak sekolah.
B. Rumusan masalah
Berdasarkan uraian latar beklakang tersebut dapat di
taruk rumusan
1. Bagaimana pengaruh buruk komputer dalam
bidang pendidikan ?
2. Bagaimana cara memanfaatkan komputer
secara efektif ?
3. Apa kelebihan dan kekurangan komputer ?
C. Tujuan
Karya
tulis ini bertujuan untuk :
1.
Mendeskripsikan
optimalisasi penggunaan komputer dalam bidang pendidikan.
2.
Untuk
mengetahui bagaimana upaya pemanfaatan koputer.
3.
Untuk
mengetahui pengaruh buruk komputer dalam bidang pendidikan.
D. Manfaat
Manfaat karya tulis ini untuk :
1.
Sumber untuk
referensi penelitian berikutnya.
2.
Sebagai bahan
bacaan.
3.
Sebagai bahan
pembelajaran.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian komputer
Kata komputer
berasal dari bahasa latin yaitu computare
yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to compute. Secara definisi komputer di terjemahkan sebagai
sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data
(input), mengolah data (proses),dan memberikan informasi (output) yang
terorganisasi di bawah kontrol program yang tersimpan dalam memori.
Jadi komputer
merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mencari dan juga memberikan
informasi kepada siapapun tanpa mengenal batas, selain itu komputer juga
memiliki banyak manfaat dan kekurangan, maka dari itulah penulis mengangkat
judul ini agar kita dapat berhati-hati dan dapat memanfaatkan komputer dengan
bijak.
B. Jenis komputer
1.
Komputer analog
Komputer
analog merupakan komputer yang di gunakan untuk mengolah data
kualitatif,bekerja secara continue dan bukan data yang berbentuk angka, tetpi
dalam bentuk fisik.
2.
Komputer
orbital
Komputer
orbital merupakan komputer yang di gunakan untuk mengolah data kuantitatif
(huruf,angka,kombinasi angka dan huruf,karakter-karakter khusus) dan memerlukan
bahasa perantara.
3.
Komputer hybrid
Komputer
hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
C. Manfaat komputer
Manfaat
kompter antara lain sebagai berikut :
1. Sebagai alat teknologi informasi dan
komunikasi.
2.Sebagai penyimpan data-data penting.
3.Sebagai pengakses data input maupun
output.
4.Sebagai sarana hiburan.
D.
Dampak negatif komputer
1. Terlalu membuang-buang waktu luang
karena hiburan.
2. Bisa membuat lupa akan tugas-tugasnya
sendiri dalam pemanfaatanya.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Pengaruh Buruk
Komputer Terhadap
Pendidikan
Penggunaan
komputer dalam pendidikan dan pembelajaran sah-sah saja. Komputer dapat
dijadikan seperti kertas, pensil, buku, video dan lain sebagainya. Dalam
beberapa mata pelajaran tertentu komputer dapat membantu belajar menjadi lebih
efektif. Komputer dapat berperan besar dalam pembelajaran jika digunakan secara
semestinya. Komputer dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran,
bahkan dapat memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa. Tapi komputer dapat
juga menjadikan pendidik seperti robot dan sangat mekanis, serta menjadikan
siswa seperti makhluk asing yang kurang memiliki skill sosial. Ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang menjadi
manusia mekanis karena teknologi komputer dalam dunia pendidikan dan
pembelajaran;
1.Komputer
cenderung mengisolasi
Pembelajaran
melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket dan sebagainya) dapat
memudahkan pengetahuan kognitifbagi peserta didik.Tetapipembelajaran melalui
mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik atau pendidik secara sosial,
karena seseorang hanya beriteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak
memiliki perasaan. Kebanyakan berinteraksi atau menggunakan peranta mesin
menyebabkan menurunnya sosial skill yang
dimiliki seseorang.
2.Komputer
cendrung membuat orang fasif secara fisik
Penyusunan
program pembelajaran berdasar teknologi cendrung masih mengangap pembelajaran
bersifat verbal, linear, rasionalistis, dan hanya merupakan kerja otak.Dengan
tidak mengajak orang terlibat secara fisik pembelajaran berbasis komputer hanya
memanfatkan sebagaian dari kecerdasan manusia.
3.Komputer
hanya cocok dengan satu gaya belajar
Pembelajaran
dengan berbantuan komputer ini hanya cocok untuk satu gaya belajar saja, karena
memang pembelajaran dengan bantuan komputer merupakan pembelajaran yang pembuatannya
diprogram.
4.Komputer
cenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman.
B. Cara Memanfaatkan Komputer Secara Efektif
Ada beberapa cara untuk memanfaatkan komputer sebagai
pembelajaran efektif. Komputer dapat memberi hasil yang
maksimal jika didesain dengan menciptakan lingkungan belajar yang dirancang
dengan;
1.
Kolaboratif, pembelajaran yang bersifat sosial. Hal ini dapat dilakukan dengan
menciptakan pembelajaran untuk dua orang atau lebih.
2. Bermain
sambil belajar. Bermain dengan iseng-iseng merupakan cara terbaik untuk memulai
belajar
3.
Menyediakan banyak pilihan. Gaya belajar yang didesain melalui program komputer
menyediakan banyak pilihan seperti pemilihan warna, materi, pemberian suara
dengan menggabungkan berbagai unsur sehingga didapat berbagai gaya belajar.
4.
Pembuatan program pembelajaran harus berdasarkan hasil pengalaman nyata atau
berdasrkan hasil penelitian.
Dari
berbagai cara memanfaatkan komputer untuk pembelajaran tersebut diatas, tetap
saja komputer harus kita posisikan sebagai alat atau media pembelajaran. Peran
pendidik atau orang tua dalam mengontrol sekaligus melihat perkembangan belajar
sangat berpengaruh.
C. Kelebihan
Dan Kekurangan Komputer
1. Kelebihan
Komputer
Heinich dkk.
(1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium
komputer. Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan
beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan mahasiswa belajar sesuai dengan
kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang
ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat mahasiswa dapat
melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam
lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk
menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan
kebutuhan. Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang
diperlukan oleh pemakainya, yang diistilahkan dengan "kesabaran komputer",
dapat membantu mahasiswa yang memiliki kecepatan belajar lambat. Dengan kata
lain, komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang
lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi
mahasiswa yang lebih cepat (fast learner).Disamping itu, komputer dapat
diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan
memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar
mahasiswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record
keeping), komputer dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor
hasil belajar secara otomatis. Komputer juga dapat dirancang agar dapat
memberikan preskripsi atau saran bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan
belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan sebagai
sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning).
Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen
warna, musik dan animasi grafik (graphic animation). Hal ini menyebabkan
komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an dengan tingkat realisme
yang tinggi. Hal ini me-nyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai
sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat simulasi. Lebih jauh,
kapasitas memori yang dimiliki oleh komputer memungkinkan penggunanya
menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya. Hasil belajar
sebelumnya ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar pertimbangan untuk
melakukan kegiatan belajar selanjutnya.
Keuntungan lain
dari penggunaan komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar
dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil. Contoh yang tepat
untuk ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan pada mata
kuliah sains dan teknologi. Penggunaan program simulasi dapat mengurangi biaya
bahan dan peralatan untuk melakukan percobaan. (Benny A. Pribadi dan Tita
Rosita, 2002:11-12)
2. Kekurangan Komputer
Selanjutnya Benny
dan Tita (2000) memberi penjelasan. Disamping memiliki sejumlah kelebihan,
komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan.
Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program
komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping
itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat
keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya
yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost
benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan
komputer untuk keperluan pendidikan. Masalah lain
adalah compatability dan incompability antara hardware dan
software. Penggunaan
sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi
yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan
pada komputer yang spesifikasinya tidak sama. Selain kedua hal di atas, merancang dan
memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based
instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program
komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga
keahlian khusus.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian BAB
3 dapat disimpulkan bahwa, sistem pendidikan sekolah dapat
menyediakan siswa yang siap menghadapi masa depan dan lebih siap menghadapi
tantangan globalisasi. Dari masa ke masa, usaha untuk menginovasi kualitas
pendidikan akan terus ditingkatkan. Salah satu usaha untuk meningkatkan
kulialitas pendidikan yaitu dengan memanfatkan teknologi komputer dalam
pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan komputer dalam pendidikan dan
pembelajaran, harus waspada terhadap bahaya dan kesan negatif akibat penggunaan
yang tidak terkontrol. Penggunaan komputer dalam pendidikan dan pembelajaran
sedikit banyak sudah pasti akan mengubah corak pendidikan masa depan dan
tingkah laku siswa, guru atau bahkan sistem pendidikan itu sendiri. Oleh itu,
pengawalan, pengawasan dan pemanfaatan harus tetap dilakukan agar perkembangan
teknologi dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi sektor pendidikan
dan pengajaran sebagai penutup secanggih apapun peranggkat teknologi komputer
tetap saja peran orang tua atau guru dalam pembelajaran masih harus lebih
dominan, komputer harus diposisikan sebagai alat atau media dalam pembelajaran.
B.
Saran
Dari pembahasan yang telah kita bahas,
ditarik kesimpulan bahwa Komputer dapat diibaratkan seperti dua sisi koin mata uang,
memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan, disamping itu juga memiliki banyak
pengaruh negatif jika tak digunakan dengan bijak dan cermat. komputer sebaiknya
di gunakan dengan sebaik mungkin dan secukup mungkin. Kita jangan pernah
khawatir komputer akan sangat canggih sehingga dapat menyamai pikiran manusia
karena itu tak akan pernah terjadi sebab bagaimanapun canggihnya tetap saja
manusia yang membuatnya, kita justru harus sangat khawatir jika manusia sudah
mulai berfikiran seperti komputer yang serba instan, komputer harus
diposisikan sebagai alat atau media dalam pembelajaran. Disinilah
letak pentingnya pengawasan kita, tidak hanya orang tua saja tetapi juga
merupakan tugas seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Sehingga perkembangan
teknologi dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi sektor pendidikan
dan pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar