Kamis, 09 Maret 2017

OPTIMALISASI KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

OPTIMALISASI KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya  kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan karangan ilmiah yang berjudul Optimalisasi Komputer dalam Bidang Pendidikan.
Penulis menyadari bahwa karangan ilmiah ini dapat diselesaikan karena bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya karangan ilmiah ini.
Semoga Allah SWT senantiasa membalas kebaikan dan memberikan pahala atas jasa kebaikannya. Dengan rendah hati penulis tetap menerima kritik dan saran dari pembaca. Penulis berharap semoga karangan ilmiah ini dapat bermanfaat bagi upaya pengembangan ilmu.

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................................
KATA PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI ............................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN
A.      Latar belakang .............................................................................................
B.      Rumusan Masalah .......................................................................................
C.      Tujuan ..........................................................................................................
D.      Manfaat .......................................................................................................
BAB II LANDASAN TEORI
A.      Pengertian komputer..................................................................................
B.      Jenis komputer............................................................................................
C.      Manfaat komputer......................................................................................
D.      Dampak negatif komputer..........................................................................
BAB III PEMBAHASAN
A.      Pengaruh buruk komputer terhadap pendidikan........................................
B.      Cara memanfaatkan komputer secara efektif............................................
C.      Kelebihan dan kekurangan komputer.........................................................
BAB IV PENUTUP
A.      Kesimpulan ................................................................................................
B.      Saran ..........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peranan teknologi informasi dalam kehidupan semakin dominan. Manusia semakin mengalami ketergantungan akan teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selain memberikan kemudahan,efisiensi,kecepatan,ketepatan juga merubah gaya hidup manusia. Penggunaan tenologi informasi dan komunikasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kemungkinan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat,tepat dan akurat , sehingga akan meningkatkan produktifitas.
Salah satu perangkat teknologi informasi adalah komputer. Komputer sering digunakan oleh orang-orang, mahasiswa dan anak-anak sekolah. Komputer mempunyai fasilitas yang lengkap, karena fasilitasnya lengkap komputer juga sering untuk permainan. Kebiasaan penggunaan komputer dalam bidang pendidikan yaitu sebagai alat penyinpanan data-data penting. Oleh karena itu komputer banyak di gunakan oleh mahasiswa dan anak-anak sekolah.
B. Rumusan masalah
Berdasarkan uraian latar beklakang tersebut dapat di taruk rumusan
1.   Bagaimana pengaruh buruk komputer dalam bidang pendidikan ?
2.   Bagaimana cara memanfaatkan komputer secara efektif ?
3.   Apa kelebihan dan kekurangan komputer ?
C. Tujuan
            Karya tulis ini bertujuan untuk :
1.   Mendeskripsikan optimalisasi penggunaan komputer dalam bidang pendidikan.
2.   Untuk mengetahui bagaimana upaya pemanfaatan koputer.
3.   Untuk mengetahui pengaruh buruk komputer dalam bidang pendidikan.
D. Manfaat
Manfaat karya tulis ini untuk :
1.   Sumber untuk referensi penelitian berikutnya.
2.   Sebagai bahan bacaan.
3.   Sebagai bahan pembelajaran.
BAB II
LANDASAN TEORI
A.    Pengertian komputer
   Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to compute. Secara definisi komputer di terjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses),dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi di bawah kontrol program yang tersimpan dalam memori.
   Jadi komputer merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mencari dan juga memberikan informasi kepada siapapun tanpa mengenal batas, selain itu komputer juga memiliki banyak manfaat dan kekurangan, maka dari itulah penulis mengangkat judul ini agar kita dapat berhati-hati dan dapat memanfaatkan komputer dengan bijak.
B.     Jenis komputer
1.      Komputer analog
      Komputer analog merupakan komputer yang di gunakan untuk mengolah data kualitatif,bekerja secara continue dan bukan data yang berbentuk angka, tetpi dalam bentuk fisik.
2.      Komputer orbital
      Komputer orbital merupakan komputer yang di gunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf,angka,kombinasi angka dan huruf,karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara.
3.      Komputer hybrid
      Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
C.    Manfaat komputer
   Manfaat kompter antara lain sebagai berikut :
1. Sebagai alat teknologi informasi dan komunikasi.
2.Sebagai penyimpan data-data penting.
3.Sebagai pengakses data input maupun output.
4.Sebagai sarana hiburan.
D.    Dampak negatif komputer
1.      Terlalu membuang-buang waktu luang karena hiburan.
2.      Bisa membuat lupa akan tugas-tugasnya sendiri dalam pemanfaatanya.
BAB III
PEMBAHASAN
A.    Pengaruh Buruk Komputer Terhadap Pendidikan
Penggunaan komputer dalam pendidikan dan pembelajaran sah-sah saja. Komputer dapat dijadikan seperti kertas, pensil, buku, video dan lain sebagainya. Dalam beberapa mata pelajaran tertentu komputer dapat membantu belajar menjadi lebih efektif. Komputer dapat berperan besar dalam pembelajaran jika digunakan secara semestinya. Komputer dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan dapat memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa. Tapi komputer dapat juga menjadikan pendidik seperti robot dan sangat mekanis, serta menjadikan siswa seperti makhluk asing yang kurang memiliki skill sosial. Ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang menjadi manusia mekanis karena teknologi komputer dalam dunia pendidikan dan pembelajaran;
1.Komputer cenderung mengisolasi
Pembelajaran melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket dan sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan kognitifbagi peserta didik.Tetapipembelajaran melalui mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik atau pendidik secara sosial, karena seseorang hanya beriteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak memiliki perasaan. Kebanyakan berinteraksi atau menggunakan peranta mesin menyebabkan menurunnya sosial skill yang dimiliki seseorang.
2.Komputer cendrung membuat orang fasif  secara fisik
Penyusunan program pembelajaran berdasar teknologi cendrung masih mengangap pembelajaran bersifat verbal, linear, rasionalistis, dan hanya merupakan kerja otak.Dengan tidak mengajak orang terlibat secara fisik pembelajaran berbasis komputer hanya memanfatkan sebagaian dari kecerdasan manusia.
3.Komputer hanya cocok dengan satu gaya belajar
Pembelajaran dengan berbantuan komputer ini hanya cocok untuk satu gaya belajar saja, karena memang pembelajaran dengan bantuan komputer merupakan pembelajaran yang pembuatannya diprogram.
4.Komputer cenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman.
B.     Cara Memanfaatkan Komputer Secara Efektif
Ada beberapa cara untuk memanfaatkan komputer sebagai pembelajaran efektif. Komputer dapat memberi hasil yang maksimal jika didesain dengan menciptakan lingkungan belajar yang dirancang dengan;
1. Kolaboratif, pembelajaran yang bersifat sosial. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran untuk dua orang atau lebih.
2. Bermain sambil belajar. Bermain dengan iseng-iseng merupakan cara terbaik untuk memulai belajar
3. Menyediakan banyak pilihan. Gaya belajar yang didesain melalui program komputer menyediakan banyak pilihan seperti pemilihan warna, materi, pemberian suara dengan menggabungkan berbagai unsur sehingga didapat berbagai gaya belajar.
4. Pembuatan program pembelajaran harus berdasarkan hasil pengalaman nyata atau berdasrkan hasil penelitian.
Dari berbagai cara memanfaatkan komputer untuk pembelajaran tersebut diatas, tetap saja komputer harus kita posisikan sebagai alat atau media pembelajaran. Peran pendidik atau orang tua dalam mengontrol sekaligus melihat perkembangan belajar sangat berpengaruh.
C. Kelebihan Dan Kekurangan Komputer
1.   Kelebihan Komputer 
Heinich dkk. (1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer. Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya, yang diistilahkan dengan "kesabaran komputer", dapat membantu mahasiswa yang memiliki kecepatan belajar lambat. Dengan kata lain, komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa yang lebih cepat (fast learner).Disamping itu, komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping), komputer dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis. Komputer juga dapat dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning). Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation). Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini me-nyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat simulasi. Lebih jauh, kapasitas memori yang dimiliki oleh komputer memungkinkan penggunanya menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya. Hasil belajar sebelumnya ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar pertimbangan untuk melakukan kegiatan belajar selanjutnya.
Keuntungan lain dari penggunaan komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif  kecil. Contoh yang tepat untuk ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan pada mata kuliah sains dan teknologi. Penggunaan program simulasi dapat mengurangi biaya bahan dan peralatan untuk melakukan percobaan. (Benny A. Pribadi dan Tita Rosita, 2002:11-12)
2.   Kekurangan Komputer 
Selanjutnya Benny dan Tita (2000) memberi penjelasan. Disamping memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan. Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama. Selain  kedua hal di atas, merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.
BAB IV
      PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari uraian BAB 3 dapat disimpulkan bahwa, sistem pendidikan sekolah dapat menyediakan siswa yang siap menghadapi masa depan dan lebih siap menghadapi tantangan globalisasi. Dari masa ke masa, usaha untuk menginovasi kualitas pendidikan akan terus ditingkatkan. Salah satu usaha untuk meningkatkan kulialitas pendidikan yaitu dengan memanfatkan teknologi komputer dalam pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan komputer dalam pendidikan dan pembelajaran, harus waspada terhadap bahaya dan kesan negatif akibat penggunaan yang tidak terkontrol. Penggunaan komputer dalam pendidikan dan pembelajaran sedikit banyak sudah pasti akan mengubah corak pendidikan masa depan dan tingkah laku siswa, guru atau bahkan sistem pendidikan itu sendiri. Oleh itu, pengawalan, pengawasan dan pemanfaatan harus tetap dilakukan agar perkembangan teknologi dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi sektor pendidikan dan pengajaran sebagai penutup secanggih apapun peranggkat teknologi komputer tetap saja peran orang tua atau guru dalam pembelajaran masih harus lebih dominan, komputer harus diposisikan sebagai alat atau media dalam pembelajaran.
B.     Saran
Dari pembahasan yang telah kita bahas, ditarik kesimpulan bahwa Komputer dapat diibaratkan seperti dua sisi koin mata uang, memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan, disamping itu juga memiliki banyak pengaruh negatif jika tak digunakan dengan bijak dan cermat. komputer sebaiknya di gunakan dengan sebaik mungkin dan secukup mungkin. Kita jangan pernah khawatir komputer akan sangat canggih sehingga dapat menyamai pikiran manusia karena itu tak akan pernah terjadi sebab bagaimanapun canggihnya tetap saja manusia yang membuatnya, kita justru harus sangat khawatir jika manusia sudah mulai berfikiran seperti komputer yang serba instan, komputer harus diposisikan sebagai alat atau media dalam pembelajaran. Disinilah letak pentingnya pengawasan kita, tidak hanya orang tua saja tetapi juga merupakan tugas seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Sehingga perkembangan teknologi dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi sektor pendidikan dan pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar